Mengatasi Anak Kecanduan Game

 Permainan telah secara masih memasuki semua lini kehidupan. Mulai dari kalangan anak-anak sampai dewasa. Ada efek negatif dan positif yang didapatkan. Efek negatif yang ditimbulkan adalah kecanduan game yang terjadi pada anak-anak. Kecanduan pada anak akan berakibat buruk pada perkembangan mentalnya di kemudian hari. Berikut adalah tips untuk mengatasi anak-anak kecanduan game :
 

Tips Untuk Mengatasi Anak yang Kecanduan Main Game


1. Permainan game sebaiknya du lakukan setelah anak mengerjakan tanggung jawab utamanya. Setelah selesai baru bolehkan ia main game.
2. Untuk mencegah kecanduan komputer kita sebagai orang tua harus memegang kendali terhadap game, berikan waktu bermain game hanya satu atau dua jam perhari, terutama pada anak usia sekolah.
3. Jangan menjadikan game sebagai alat untuk mengasuh anak. Dan orang tua menganggap dengan adanya game pekerjaan mereka tidak akan terganggu oleh anak-anaknya.
4. Jadikan akses ke komputer atau game bukan sebagai hal yang otomatis, akan tetapi sebagai akse yang istimewa.
5. Jadikan orangtua sebagai pengambil keputusan tentang game yang akan memasuki rumah, dan perhatikan konten game dan peringatan yang ada di label game.
6. Pelajari berbagai ulasan tentang game dan pilihlah game yang sesuai dengan perkembangan anak-anak.
7.Jika mungkin dilakukan jadikan komputer atau gadget hanya sebagai alat untuk bekerja, jangan menginstal game atau medsos yang lainnya, yang akan membuat anak semakin berlama-lama di gadget atau komputer
8. Jauhkan komputer dan gadget dari kamar tidur anak. Dan tempatkan pada ruang terbuka, sehingga orangtua dapat leluasa mengontrol anak.
9. Menggunakan aplikasi parental control pada semua komputer dan gadget yang mungkin dipakai anak-anak untuk bermain game.
10. Secara serius pertimbangkan peringatan di label game yang memuat kemungkinan kecanduan. Jangan memberikan anak game-game seperti ini.


Baca Juga :
Cara mendidik anak supaya tidak nakal

SEBELUMNYA
SELANJUTNYA »
Terima Kasih Atas Komentarnya