SEJUTA DOMAIN KOMINFO

 

   Kementrian Komunikasi dan Informatika telah melaunching program sejuta domain gratis yang berekstensi .id. KOMINFO mengatakan bahwa terdapat 500 domain .id yang dibagikan pada akhir tahun 2015 dan sisanya akan di bagikan pada tahun 2016.

     Program ini merupakan hasil kerja sama antara KOMINFO dengan PANDI ( Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Dan program ini akan digelar selama tiga tahun dengan anggaran lebih kurang 50 milyar rupiah.

     Menurut Ketua Umum PANDI Andi Budimansyah sasaran pengguna bagi satu juta domain ini adalah e-commerce, koperasi, UKM, sekolah termasuk pesantren, pemerintahan desa dan personal.

     Caranya adalah kelompok atau perorangan itu bisa mengajukan proposal untuk meminta nama domain tersebut kepada komite yang dibentuk oleh Kominfo dan PANDI dengan syarat memiliki KTP Indonesia atau dengan kata lain warga negara indonesia.

     Pihak PANDI tidak bersentuhan langsung dengan user, melainkan hanya berhubungan dengan pengelola atau penanggung jawab dari pengaju permohonan pembuatan domain .id yang bersangkutan. Dan setiap pemilik domain .id akan dievaluasi selama tiga tahun untuk supaya mereka terpacu untuk memikirkan dan berusaha bagaimana agar domainnya tetap berkelanjutan.

     Program ini bertujuan  mendorong tumbuhnya konten positif dalam negeri, melokalisir akses internet di dalam negeri, mempercepat akses internet, serta agar akses internet lebih murah. Selain itu program ini diharapkan akan membawa dampak positif dalam perkembangan ekonomi naional maupun daerah.

Untuk informasi tambahan silahkan kunjungi website kominfo disini
 



SEBELUMNYA
SELANJUTNYA »
Terima Kasih Atas Komentarnya