Orang Dibalik Iklan Aqua Versi Relawan Saber


Siapa orang dibalik iklan Aqua versi relawan saber ?..
OrangDibalik Iklan Aqua Versi Relawan Saber
Mungkin sebagagian kita pernah melihat iklan Produk air minum bermerk Aqua yang menampilkan seorang yang menjadi relawan pengumpul ranjau paku yang bertebaran di jalanan Jakarta. Sepintas kita mungkin menyangka bahwa iklan itu hanya hasil settingan dari produser iklan. Tapi tahukah anda bahwa Tokoh yang di dalam iklan itu, adalah tokoh yang nyata dalam dunia sebenarnya.

Siapakah dia ? dia adalah Abdul Rohim, yang sehari-harinya biasa di panggil Rohim. Pria paruh baya ini mulai memungut ranjau paku di jalanan setelah kejadian yang dia alami.

Kala itu tahun 2010 malam hari, Rohim baru pulang dari tempat kerjanya di Green Garden, Jakarta Barat. Dia bekerja sebagai sopir pribadi di salah satu rumah di sana. Dengan sepeda motor, dia melaju menuju rumah kontrakannya di Pedongkelan, Cengkareng Timur, Jakbar. Di tengah jalan hujan turun dengan deras, Rohim pun menepi.

Sambil memandang tetesan hujan dia melihat ada satu keluarga menumpang sepeda motor yang kempis bannya. Ada pula ibu hamil dan suaminya yang terpaksa berjalan di tengah derasnya karena motor yang mereka tumpangi kempis bannya akibat ranjau paku. 

"Saya juga pernah lihat pas subuh ada ibu-ibu bawa keranjang penuh sayur dan ban belakangnya kempis dan nggak bisa ngapa-ngapain. Saya sedih lihatnya, kasihan gara-gara banyak paku di jalan banyak yang jadi korban" begitu ujarnya kepada wartawan.

Berawal dari peristiwa itulah Rohim mulai memungut ranjau paku di jalanan, mulanya ia memungut dengan tangan karena di rasa sulit lalu ia mngambil magnet tempelan kulkas di rumahnya untuk digunakan sebagai alat pemungut ranjau paku tersebut.

Kegiatan itu terus dilakukan hingga di tahun 2011 dia bertemu dengan Siswanto, seorang warga yang tinggal di sekitar Rohim melakukan aksi sapu bersih ranjau paku. Mereka mengobrol dan Siswanto menyampaikan ketertarikan untuk mengikuti jejak Rohim. "Dia mau ikut pungutin paku kayak saya. Kami ngobrol-ngobrol sampai akhirnya ada ide buat bikin komunitas sapu bersih ranjau paku disingkat "Saber". Biar keliatannya sangar," ucap dia sambil tertawa.  

Berawal dari sana mulailah terbentuk komunitas "SABER". Lalu tepat pada 5 Agustus 2011 komunitas Saber dibentuk. Anggotanya waktu itu hanya mereka berdua sampai pada tahun 2015 ini jumlah relawan Saber terus bertambah menjadi 25 orang dan ada juga yang membuka "cabang" di Medan , Cikarang dan Karawang. Bagaikan air, dari situ mengalir kebaikan dari Rohim dan kawan-kawan. 

OrangDibalik Iklan Aqua Versi Relawan Saber
Banyak tantangan dan halangan yang dialami oleh Rohim maupun komunitas saber diantaranya kecelakaan dan ancaman teror, baik itu teror sms maupun teror fisik. Namun bagi anggota relawan saber yang tidak mendapat gaji sepeserpun urusan hidup mati hanyalah di tangan Tuhan.

Rohim dan komunitas SABERnya adalah sekelumit realitas tanah air, masih ada orang-orang dengan hati penuh empati terhadap sesama ditengah kehidupan hedonis dan individualistik. Kita menanti akan ada orang-orang baru yang berjiwa seperti Rahim SABER pada bidang-bidang lain di Tanah air tercinta Indonesia.

SEBELUMNYA
SELANJUTNYA »
Terima Kasih Atas Komentarnya