NICHE di Google Trends

    Apa itu niche.. ? niche adalah Niche adalah istilah lain untuk mengartikan "topik" yang dibahas di sebuah blog. Topik atau pembahasan dalam suatu blog yang akan menjadi acuan dan rujukan pengunjung untuk senantiasa mengunjungi blog anda.

     Cara mencari atau menetukan niche yang tepat dapat dilakukan dengan banyak cara, mulai dari riset keyword di Google AdWord Keyword Planner sampai yang paling populer atau banyak digunakan adalah menggunakan tool Google Trends. Dan tool lainnya yang disediakan secara bebas di Internet. Namun kali ini saya akan mengulas tentang mencari niche lewat Google Trends.

     Sedikit tentang Google Trends , adalah sebuah tools online yang dibuat oleh Google untuk melihat rating topik yang sering di tampilkan dalam pencarian Google. Yang memuat informasi mengenai grafik statistik pencarian web dan akan menampilkan popularitas topik pencarian pada kurun waktu tertentu, jadi rentan waktunya bisa kita atur sendiri misalnya kita ingin melihat topik yang populer 1 minggu yang lalu, atau 1 bulan yang lalu, semua itu bisa kita setting sendiri.

  1. Kunjungi Google Trends disini


    Ini adalah tampilan muka halaman Google Trends
  1. Disebelah kiri adalah urutan Google Trends per 5 Agustus 2016


    Selain itu kita juga bisa melihat penelusuran terpopuler pada 30 hari terakhir, caranya adalah dengan klik icon kalender yang berada di sebelah kanan tombol gear.
  1. Sebagai contoh kita masukkan kata "Blogging"


    jelajahi disini maksudnya adalah mencari tahu bagaimaan prospek Keyword tersebut di masa yang akan datang, apakah akan naik atau justru turun
    Caranya adalah dengan memasukkan kata kunci tersebut ke dalam kotak pencarian (Jelajahi Trends), dan selanjutnya silahkan klik tombol Search untuk mulai melakukan pencarian.
  1. Amati Grafik 'Minat seiring dengan waktu'


    Grafik tersebut memberikan informasi mengenai jumlah pencarian pada keyword / kata kunci tersebut setiap bulannya, dan dari hal inilah kita bisa memprediksikan niche apa yang cocok untuk kita buatkan blog.
  1. Dan disinilah letak kejelian kita sebagai seorang blogger untuk memilih niche yang tepat. Pilihlah buat dan berkreasilah. Kalo istilah saya berbuat sambil belajar.
     Jika kita kurang puas dengan hal yang ditampilkan oleh Google Trends, maka kita dapat menggunakan tools yang lain yang juga dari Google yaitu Google Keyword Planner. Yang mudah-mudahan akan saya ulas pada postingan lainnya. 

     Sekian, semoga bermanfaat, kalau ada kekurangan mohon ditambahkan kalau ada kesalahan mohon dimaklumi.

Baca juga :
Apa Itu SEO
Menulis Efektif di Blog 
SEBELUMNYA
SELANJUTNYA »
Terima Kasih Atas Komentarnya