Mendidik Anak Supaya Tidak Keras Kepala dan Manja

     Kehidupan keluarga yang  bahagia dan memiliki anak-anak yang berkelakuan positif merupakan kebahagiaan tersendiri bagi setiap orang tua.

     Untuk mendapatkan hal itu tak sedikit orang tua yang rela melakukan apa saja demi kebahagiaan anak-anaknya, bahkan terkadang memenuhi semua kehendak anaknya tanpa mempertimbangkan efek negatifnya bagi sang anak. Terlalu memprturutkan kehendak anak bukanlah merupakan sebuah bentuk kasih sayang namun akan justru membawa pengaruh buruk terhadap perkembangan mental sang anak. 
Berikut ini adalah beberapa cara atau tips dalam mendidik anak supaya menjadi anak yang tidak keras kepala dan manja sehingga ia bisa menjadi anak yang mandiri di kemudian hari.
  • Jangan Menuruti Semua Keinginan Anak

     Seberapapun sayang anda kepada anak-anak anda janganlah terlalu sering memperturutkan keinginannya, hal ini akan mengakibatkan anak menjadi manja dan keras kepala. Sebab ia berfikir bahwa orang tua nya pasti akan menuruti kemauannya. Biasakan anak anda mengerjakan tugas mereka sendiri sehingga dalam hal ini anak akan belajar bertanggung jawab terhadap kehidupannya.

  •  Jangan Terlalu Banyak Melarang
     Rasa ingin tahu anak merupakan hal yang wajar dalam perkembangan mentalnya. Terlalu banyak melarang justru akan membuat sang anak semakin penasaran dan melakukan apa yang di larang secara diam-diam. Sebaliknya bangunlah komunikasi dua arah yang memberikan pemahaman kepada anak tentang bahaya kegiatan yang anda larang. Peringatkan supaya ia bisa berhati-hati.
  • Jangan Sekali-kali Mengajarkan Anak Untuk Berbohong
     Jangan sekali-kali memberikan contoh kepada anak tentang kebohongan. Baik itu dalam hal yang kecil sekalipun, sedikit saja hal itu terjadi anak akan mulai menduplikasi sikap kita menjadi bagian dari kesehariaannya. Ajarkan ia untuk dapat terbuka dalam semua hal. Sebab hal ini akan menjadikan anak pribadi yang terbuka dan jujur di kehidupannya nanti.
  • Jangan Menggunakan Hukuman Fisik Terhadap Anak
     Menggunakan hukuman fisik terhadap anak akan membuat trauma bagi anak. Trauma ini kemudian akan menjadi momok dalam alam bawah sadarnya. Sebaiknya gunakanlah ternik hukuman yang lain yang akan membuat anak belajar tentang kesalahannya.
  • Berikan Kasih Sayang dan Perhatian
     Memberikan kasih sayang merupakan hal yang terpenting bagi perkembangan anak. Anak yang dibesarkan dengan kasih sayang akan belajar memiliki hati yang lembut dan peka terhadap lingkungannya. Banyak hal yang dapat kita lakukan salah satu diantaranya mengantarkan anak pergi kesekolah. Disamping juga kegiatan-kegiatan yang menimbulkan keakraban antara anak dengan anda.

     Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua terlebih kepada saya sendiri. Mudah-mudahan anak-anak kita menjadi anak yang kita dambakan.



SEBELUMNYA
SELANJUTNYA »
Terima Kasih Atas Komentarnya